Select Page

Bagi anda yang menyukai kopi, pasti anda tahu mengenai kopi luwak bukan? Ya, pada saat popularitas kopi naik, nama kopi luwak memang sangat santer terdengar. Hal ini disebabkan karena kopi ini memiliki popularitas yang cukup besar di Café Hits Cikarang. Mengapa kopi ini populer apa kelebihannya dibandingkan kopi lainnya? Berikut ini adalah ulasannya.

Popularitas Kopi luwak

Seperti yang sudah disebutkan sebutkan sebelumnya, kopi luwak adalah jenis kopi yang sangat populer. Kopi ini populer dan memiliki harga yang sangat mahal. Bahkan bisa disebut sebagai kopi paling mahal di dunia. Mengapa kopi ini sangat mahal? Hal ini disebabkan karena kopi ini disebut memiliki kualitas yang terbaik dan memiliki rasa yang berbeda dengan yang lainnya.

Rasa dan kualitas yang dimiliki oleh kopi ini salah satunya disebabkan karena proses fermentasi yang terjadi pada kopi tersebut. Kopi pada umumnya di fermentasi secara buatan. Beda dengan kopi luwak. Kopi ini merupakan kopi yang mengalami proses fermentasi alami yang dibantu dengan enzim dari proses pencernaan.
Seperti yang kita tahu, kopi luwak adalah kopi yang dibuat dengan cara memberikan makan kopi pada luwak lalu diambil kembali dari kotorannya. Pada saat di berada di dalam perut luwak, biji kopi mengalami fermentasi dengan bantuan enzim sehingga rasanya menjadi lebih nikmat dibandingkan dengan kopi lainnya. Hal inilah yang menyebabkan kopi ini memiliki harga yang cukup mahal.

Kelebihan kopi luwak

Untuk kelebihannya, kopi luwak memiliki kelebihan berupa rasa dari kopi tersebut yang lebih sedap. Selain itu aromanya juga lebih kuat dibandingkan dengan kopi pada umumnya. Selain warna hal-hal tersebut, ada satu hal lain yang membuat kopi luwak menjadi istimewa yaitu karena pemilihan biji kopi yang digunakannya.
Kopi luwak pada umumnya adalah kopi yang dibuat dengan menggunakan biji kopi berkualitas seperti biji kopi robusta dan juga arabika. Akan tetapi biji kopi luwak memiliki nilai yang lebih tinggi dari pada biji kopi robusta dan juga arabika pada umumnya. Pada umumnya, kopi arabika dan robusta biasa akan dipilih berdasarkan dengan tangan manusia atau bahkan menggunakan mesin. Dengan cara ini, maka pemilihan biji kopi hanya dilakukan berdasarkan penampilannya saja.

Berbeda dengan kopi luwak. Kopi luwak adalah kopi yang dipilih oleh insting hewan. Insting hewan dalam membedakan kualitas makanannya tentu akan lebih baik jika dibandingkan dengan pemilihan biji kopi oleh tangan manusia atau bahkan mesin. Hal ini disebabkan karena dalam memilih makanannya, luwak atau musang tidak hanya melihat tapi juga mencium aroma kopi yang akan mereka makan. Hal inilah yang menjadikan kopi luwak dari Café Hits Cikarang sudah pasti lebih berkualitas.

Proses fermentasi

Biji yang terbaik jika difermentasi dengan cara yang buruk tentu tidak akan menghasilkan kopi yang berkualitas. Pada kopi arabika dan robusta pada umumnya proses fermentasi dilakukan dengan menggunakan karung goni basah pada kopi selama 12 jam hingga 24 jam. Proses ini tidak ada apa-apanya dengan proses fermentasi yang dialami oleh kopi luwak. Kopi luwak mengalami proses fermentasi alami dengan menggunakan enzim pencernaan yang ada di dalam perut musang. Hal inilah yang membuat proses fermentasi kopi luwak menjadi lebih sempurna dan dapat menghasilkan kopi yang lebih lezat.

Mengenai harga dari kopi luwak

Seperti yang disebutkan sebelumnya, kopi luwak memiliki harga yang sangat mahal dan bahkan disebut sebagai kopi paling mahal di dunia. Hal ini disebabkan karena di luar negeri, harga dari 1 kilo kopi luwak yang berkualitas dapat menembus harga 1 juta rupiah. Sedangkan untuk kopi biasa, biasanya harganya hanya Rp 100 ribu rupiah saja. Sangat banyak bukan perbedaannya? Oleh karena itu, untuk anda yang menyukai dunia perkopian, jangan sampai anda melewatkan mencoba kopi luwak selagi anda ada di Indonesia. Kopi ini mungkin tidak mudah anda temukan di Café Hits Cikarang tapi anda bisa mencari café yang khusus menjual kopi. Di café tersebut mungkin anda akan lebih mudah mendapatkan kopi berkualitas asal Indonesia ini.

 

Call Now
Whatsapp