Select Page

Kopi arabika adalah salah satu jenis kopi yang paling populer di seluruh dunia. Jenis kopi ini memang memiliki daya tarik karena disebut sebagai kopi yang terbaik di dunia. Untuk anda yang hobi jajan kopi di Café Romantis di Cikarang mungkin anda akan menemukan beberapa jenis kopi arabika dari Indonesia. Lalu apa bedanya kopi-kopi arabika dari Indonesia ini? Berikut ini adalah ulasannya.

Kopi arabika

Seperti yang disebutkan sebelumnya, kopi arabika adalah kopi yang disebut memiliki kualitas yang paling baik. Hal ini disebabkan karena rasa dan aroma dari kopi ini yang sangat kuat. Rasa dan aroma kopi yang kuat dipertemukan dengan tanah Indonesia menjadikan kopi arabika dari Indonesia sangat populer di luar negeri. Lalu apa saja kopi-kopi arabika yang paling populer dari Indonesia ini? Berikut ini adalah ulasannya.

Kopi arabika Aceh gayo

Salah satu kopi arabika yang paling populer di Indonesia adalah kopi arabika Aceh gayo. Sesuai dengan namanya, kopi ini adalah kopi yang dikembangkan di daerah Aceh. Kelebihan dari kopi arabika Aceh gayo ini salah satunya adalah mengenai rasanya. Rasa dari kopi arabika Aceh gayo ini bisa dibilang cukup seimbang. Meski seimbang tapi rasa asam dari biji kopi akan sangat terasa pada kopi arabika Aceh gayo ini. Jadi untuk anda penikmat kopi dengan rasa asam, maka jenis kopi arabika Aceh gayo ini akan cocok untuk anda.

Kopi arabika Aceh gayo ini merupakan kopi dengan cita rasa unik, cita rasa ini mungkin akan lebih tersampaikan jika anda membuatnya dengan cara penyajian tradisional dari Aceh. Di Aceh kopi arabika Aceh gayo ini dibuat dengan cara direbus bersama dengan air sampai mendidih. Setelah itu kopi bisa disajikan dengan atau tanpa tambahan. Untuk anda yang menyukai kopi yang memiliki rasa yang lebih kaya, anda bisa menambahkan gula atau susu dalam kopi anda sehingga kopi anda menjadi varian baru.

Kopi arabika Kintamani

Selanjutnya kopi arabika dari Indonesia yang tidak kalah populer dengan kopi Aceh gayo adalah kopi arabika Kintamani. Kopi arabika Kintamani adalah kopi yang berasal dari Bali. Jenis kopi ini merupakan jenis kopi yang populer di negara Jepang dan Eropa. Jenis kopi ini menjadi populer di kedua negara tersebut karena ia memiliki rasa yang unik. Rasa asam citrus yang dimiliki oleh kopi ini terasa sangat segar ketika sampai di mulut. Hal inilah yang membuat kopi arabika Kintamani ini menjadi lebih istimewa.
Selain rasa asam yang segar, banyak Café Romantis di Cikarang yang menyajikan kopi ini karena penikmatnya sangat senang dengan wangi bunga yang keluar dari kopi ini. Lalu bagaimana dengan keasaman dan kekentalannya? Jika dibandingkan dengan kopi Aceh gayo, kopi arabika Kintamani ini termasuk kopi yang memiliki kekentalan dan keasaman yang sedang.

Kopi arabika Toraja

Kopi arabika dari Indonesia yang populer di luar negeri lainnya adalah kopi arabika Toraja. Jenis kopi ini banyak diekspor ke Jepang dan juga Amerika. Kelebihan dari kopi arabika Toraja ini adalah pada aroma hutan yang dimilikinya. Ya, kopi arabika Toraja ini memiliki kekhasan aroma hutan dan earthy dalam rasanya. Selain itu, kopi arabika Toraja ini juga memiliki after taste pahit. Banyak yang menyukainya dan banyak juga yang tidak menyukai rasa after taste ini. Untuk keasamannya, kopi arabika Toraja ini memiliki tingkat keasaman yang rendah.

Kopi arabika Java Ijen Raung

Selanjutnya adalah Kopi arabika Java Ijen Raung. Kopi ini berasal dari Bondowoso dan mulai diekspor pada tahun 2011. Jenis kopi ini memiliki keunikan rasa pahit pedas yang dimilikinya. Selain itu, untuk anda penikmat kopi pasti akan merasa ada aroma bunga di dalam kopi ini. Untuk keasamannya, rasa asam dari Kopi arabika Java Ijen Raung ini cenderung sedang. Rasa asam yang dimilikinya juga tidak umum. Biasanya rasa asam pada kopi lebih cenderung ke citrus, tapi pada Kopi arabika Java Ijen Raung ini rasa asam lebih cenderung ke rasa asam Jawa. Jenis kopi ini tidak begitu populer, untuk anda yang ingin mencobanya, anda bisa mencobanya di Café Romantis di Cikarang yang khusus menjual kopi.

Call Now
Whatsapp